Senin, 13 Oktober 2014

Setting Koneksi dari PHP ke SQLServer menggunakan Xampp 1.7.7

Setting Koneksi dari PHP ke SQLServer menggunakan Xampp

Xampp versi 1.8.3 atau diatasnya menyulitkan saya untuk menghubungkan koneksi dari php ke sqlserver, apalagi dalam beberapa forum menerangkan bahwa syntax mssql_connect sudah tidak digunakan dan diganti dengan sqlsrv_connect. Hal ini menyulitkan saya untuk menyesuaikan pola coding, karena aplikasi – aplikasi yang buat sebelumnya harus saya bongkar ulang.
Akhirnya, keputusan saya jatuh kepada Xampp versi terdahulu yakni Xampp versi 1.7.7 yang bisa anda download disini http://sourceforge.net/projects/xampp/files/XAMPP%20Windows/1.7.7/
Proses instalasi dilakukan seperti biasa, tidak ada setting khusus. Bagi yang belum pernah mencoba Xampp tinggal klik tombol Next saja sampai proses instalasi selesai.
Setelah Proses instalasi selesai, kemudian kita akan melakukan setting manual supaya koneksi PHP ke SQLServer bisa berjalan mulus, karena pada instalasi bawaan Xampp sendiri tidak menyediakannya. Berikut Library yang akan anda butuhkan :
  1. ntwdblib.dll
  2. php_mssql.dll
  3. php_pdo_mssql.dll
Step 1
Copy file ntwdblib.dll ke folder \xampp\apache\bin dan C:\Windows\System32
Step 2
Copy file php_mssql.dll dan php_pdo_mssql.dll ke folder \xampp\php\ext
Restart Apache anda, kemudian ujicoba dengan menggunakan script koneksi sederhana.

Referensi : http://ingatscript.blogspot.com/2014/04/koneksi-php-ke-sql-server-menggunakan.html

Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar