Sabtu, 03 Mei 2014

Cara Menghapus Virus Batch File



Virus Windows Batch File atau yang lebih dikenal dengan virus yg berektensi.bat/batch file adalah jenis virus yang menggadakan dirinya pada semua folder yang ada dalam satu partisi. Virus ini akan tercopy otomatis ke tiap folder jika sudah dieksekusi. Pencegahan awal yang perlu dilakukan jika laptop/kompi tidak ingin terserang virus ini adalah jangan dieksekusi (klik 2x atau  open). Virus Windows Batch File terbilang tidak membahayakan karena tidak menyerang system windows. Namun, virus ini sangat meresahkan jika laptop/kompi terserang apalagi pemula seperti kita ni.

tampilan windows bat file

Ciri utama laptop/pc yang sudah terserang virus ini adalah tiap folder ada file dengan extensi MS-DOS Batch File. Virus ini dirancang khusus untuk menyalin file .bat (batch file) ke semua folder yang nama filenya sama dengan nama folder yang ditempatinya. Jika kita para pemula, keseringan kita tidak berpikir panjang lagi untuk menghapus file .bat ini di semua folder pada tiap partisi, namun terbayang cape nggak jika semua file yg da di lepi kita ada file batch, pasti membutuhkan waktu banyak gan. atu yang lebih parahnya lagi kita langsung inul/instal ulang heheh.. atau format partisi. ok kita langsung aja ke TKp ya..sudah cukup basa-basinya hehehe..

Ada dua cara untuk menghilangkan virus ini yakni :

    Script (tanpa software)

Perlu shobat ketahui bahwa tips ini ane temukan setelah tanya bah google, script virus ini dirancang untuk mencopy otomatis .bat file ke setiap folder jika telah dieksekusi. maka dari itu, kita hanya perlu membuat script berlawan dengan tujuan virus yaitu script untuk menghapus otomatis .bat file di semua folder.

Berikut adalah script virus batch file :

set h=For

%h% /R “D:\” /D %%a in (*) do copy %0 “%%~fa\%%~nxa.bat”

Yang perlu shobat lakukan untuk menghapus .bat file adalah dengan membuat lawan dari script di atas sehingga sriptnya akan berubah seperti ini :

set h=For

%h% /R “D:\” /D %%a in (*) do del %0 “%%~fa\%%~nxa.bat”

Untuk lebih mudahnya, cari salah satu .bat file dalam folder kemudian klik kanan pilih edit sehingga akan muncul notepad yang berisi kode/script virus seperti gambar di bawah.


script virus di atas akan shobat edit sehingga tampak seperti gambar di bawah ini.


kemudian tekan “Kontrol + S” (tanpa tanda petik) untuk menyimpan script di lanjutkan dengan klik 2x pada .bat file yang kita edit tadi.tunggu hingga proses selesai dan lihat hasilnya, virus .bat file tidak ada lagi di laptop/komputer kita. bagaimana? gampang kan..! kalau begitu, selamat mencoba.

Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar