Kamis, 24 April 2014

Cara Menjaga Baterai Laptop Agar Lebih Awet


Baterai adalah penyuplai tegangan kepada perangkat seperti laptop yang secara terus menerus mengalirkan listrik dan jika di charge pasti membutuhkan beberapa trik agartidak cepat drop. Memang klo baterai laptop itu mempunyai usia tersendiri maksimal 5tahunan itu sudah terbilang sudah lama. Bagaimana supaya baterai laptop kita tetap terjaga dan tidak cepat ngDrop? inilah tips-nya

1.Ketika laptop baru dibeli, baterai masih kosong. Laptop tidak dapat langsung digunakan bahkan ketika muatan listrik terpasang. Laptop harus dimatikan pertama, di-charge selama antara 4-8 jam sampai lampu indikator menunjukkan biaya penuh (biasanya lampu indikator muatan berubah menjadi hijau).
2. Jika Anda tidak presentasi tapi bekerja secara teratur dengan laptop di kantor, rilis laptop baterai dan menggunakan listrik secara langsung. Jika baterai terpasang, muatan juga diinstal dalam banyak akan menyebabkan kebocoran baterai cepat. Meskipun laptop modern sering memiliki sirkuit yang memastikan baterai tidak digunakan ketika biaya dimasukkan, tetapi suhu hangat juga mempersingkat masa pakai baterai. Ingat, baterai laptop hanya digunakan ketika listrik tidak dapat digunakan secara langsung.
3. Be sure to configure your laptop battery properly . Arrange your laptop Sleep period to enable you to turn off the screen and hard disk after a certain period of time the computer is not used. Specify this period as short as possible to maximize battery life.
4. Matikan Bluetooth dan WiFi ketika tidak diperlukan. Ketika Anda menonton film, atau mengetik dokumen dan Anda tidak perlu online, menonaktifkan perangkat nirkabel. Ini akan membantu menghemat daya, karena konsep Bluetooth dan WiFi adalah untuk mengirim dan menerima sinyal bahkan jika Anda tidak menyadarinya, dan ini daya beli. Lebih parah lagi, jika Anda mengaktifkan tempat keuda fitur yang sama sekali tidak ada sinyal.
5. Mengurangi layar konfigurasi terlalu terang. Di satu sisi layar cukup cerah karena tulisan jelas, tapi layar lebih cerah di sisi lain daya semakin banyak digunakan.
6. Sejalan dengan tip sebelumnya, Anda harus menonaktifkan screen saver. Terutama ditujukan untuk mencegah layar agar tidak membakar, screen saver mengkonsumsi daya jauh lebih tinggi karena CPU aktif dan kartu video dan layar digunakan juga. Ini sama dengan menonton video pada laptop.
7. Selain menonaktifkan perangkat Bluetooth dan nirkabel, serta melepaskan perangkat eksternal jika tidak diperlukan. Sebuah USB atau mouse nirkabel, USB stick memori, hard drive eksternal atau kartu PCMCIA yang tidak digunakan pada laptop harus dihapus. Anda harus mengerti, semua perangkat ini menggunakan daya dari laptop Anda.
8. Periksa juga program startup Anda dan program aktif dan program yang tidak perlu dekat. Program startup yang terlalu banyak akan menyebabkan laptop pemuatan panjang. Waktu loading akan membutuhkan banyak memori virtual sehingga penggunaan terlalu banyak akses hard disk.
9. Jika Anda ingin mendengarkan musik, menggunakan headset dan tidak speaker. Karena speaker laptop kecil meskipun volume musik yang maksimal tapi tidak maksimal pada suara. Jika Anda meningkatkan volume penggunaan daya juga berkembang.
10. BIOS dan driver update. Komputer produsen untuk meningkatkan software mereka dari waktu ke waktu untuk memperbaiki cara perangkat keras yang digunakan. Bios update akan memastikan bahwa Anda memiliki versi terbaru dan menyediakan kompatibilitas maksimum dengan semua fitur penyimpanan energi sistem operasi. Yang sama berlaku untuk driver hardware. Kontrol pengemudi semua aspek perangkat keras, termasuk modus hemat daya perangkat keras.
Pernahkah kamu mendapati baterai laptop kamu cepat habis saat digunakan? Baru saja digunakan indikator baterai langsung menunjukkan prosentase yang rendah padahal sebelumnya baru saja 100% full. Sebelum kamu memutuskan untuk mengganti baterai kamu, ada sebuah hal yang sebaiknya kamu coba yaitu melakukan kalibrasi baterai.
Yup, cepat habisnya baterai terkadang dikarenakan indikator yang sudah tidak akurat lagi. Melakukan kalibrasi ulang akan membuat indikator menunjukkan prosentase baterai dengan lebih akurat, sehingga bisa mengetahui kondisi baterai yang sebenarnya.
Meskipun sedikit tricky, melakukan kalibrasi baterai laptop tidaklah sulit. Berikut ini adalah cara melakukan kalibrasi baterai laptop dengan mudah:
1. Buka Power Options di Control Panel lalu buat Power Plan Baru.


2. Katakanlah kamu memberi nama power plan tersebut sebagai Kalibrasi.

3. Pastikan kamu mematikan opsi untuk Turn Off Display dan Sleep Computer, sehingga power baterai nantinya bakal digunakan secara penuh.

4. Gunakan Power Plan tersebut lalu charge baterai sampai full 100%.

5. Setelah full 100%, cabut charger dan biarkan laptop menyala hingga baterai terpakai habis dan laptop mati dengan sendirinya.
6. Setelah itu tancapkan lagi charger dan nyalakan laptop. Charge baterai hingga penuh lagi 100%.
Nb: Selama proses kalibrasi pastikan kamu tidak menggunakan komputer sama sekali.
Proses kalibrasi baterai telah selesai. Setelah proses kalibrasi, indikator baterai laptop kamu akan menunjukkan kapasitas power baterai yang lebih akurat. Kini kamu bisa mengembalikan lagi power plan ke pilihan yang semula.
Proses kalibrasi ini memerlukan siklus menghabiskan baterai dari penuh sampai habis dan mengisinya lagi hingga penuh, sehingga butuh waktu beberapa jam untuk menyelesaikannya.
Berikut Cara Agar Baterai Pada Laptop/Netbook Tidak Cepat Habis
  • Lakukan defrag secara teratur.
Semakin cepat kinerja hardisk anda maka semakin hemat baterai anda, oleh karena itu buat hard drive anda seefisien mungkin dengan melakukan defrag secara teratur.
  • Kurangi cahaya monitor anda.
Untuk menghemat energi baterai anda, kurangi cahaya monitor laptop sampai batas toleransi yang sesuai untuk mata anda.
  • Matikan program yang tidak perlu.
iTtunes, Desktop Search, dan lainnya. Semua program ini menambah beban CPU dan baterai. Matikan semua program yang tidak penting jika anda sedang menggunakan laptop dengan baterai.
  • Matikan hardware eksternal.
Alat-alat dengan USB (termasuk mouse anda) dan WiFi, semuanya menyedot tenaga baterai anda. Cabut atau matikan mereka jika tidak digunakan. Sekarang anda tahu bahwa mengisi ulang iPod anda di laptop adalah suatu ide yang buruk.
  • Tambahkan RAM.
Jika anda sering menggunakan program yang membutuhkan memory besar, maka ini adalah cara yang lebih efisien daripada menggunakan virtual memory yang lebih membebankan hard drive sehingga baterai laptop juga boros.
  • Gunakan hard drive daripada CD/DVD.
Walaupun hard drive banyak menghabiskan tenaga baterai, tetapi CD dan DVD menghabiskan energi lebih banyak lagi, bahkan ketika mereka tidak sedang digunakan. Sebisa mungkin gunakan program virtual drive seperti Alcohol 120%.
  • Jaga kebersihan baterai.
Bersihkan besi yang menjadi penghubung energi baterai dengan laptop secara teratur, sehingga transfer energi dari baterai anda menjadi lebih efisien.
  • Jaga kondisi baterai.
Tidak baik untuk membiarkan baterai yang terisi dalam keadaan dorman untuk jangka waktu yang lama. Setelah diisi, anda sebaiknya menggunakan baterai tersebut setidaknya sekali dalam 2-3 minggu. Satu hal yang harus diingat, jika baterai laptop anda Li-On maka jangan pernah menggunakannya sampai benar-benar habis.
  • Pilih hibernate, jangan standby.
Walaupun mode standby dapat menghemat baterai dan anda dapat langsung menggunakan laptop anda kapan saja, tetapi fungsi hibernate dapat menghemat energi jauh lebih banyak karena fungsi ini benar-benar mematikan laptop anda.
  • Jaga suhu laptop anda.
Laptop anda berfungsi dengan lebih efisien jika suhunya lebih dingin. Bersihkan ventilasi udaranya dengan kain halus atau pembersih keyboard.
  • Hindari multitasking.
Lakukan sesuatu secara satu persatu jika anda sedang menggunakan laptop dengan baterai. Jangan bekerja dengan multitasking jika anda memang ingin menghemat baterai anda.
  • Kurangi beban CPU anda.
Aktifitas seperti email dan word processing yang bebannya kecil untuk CPU laptop, menggunakan tenaga baterai lebih kecil daripada menjalankan sebuah game atau menonton DVD. Jadi pilih prioritas anda dengan bijaksana.
  • Kurangi beban grafis.
Anda bisa melakukan hal ini dengan mengganti resolusi layar anda dan mematikan driver grafis yang tidak dibutuhkan. Graphic card atau video card sama borosnya seperti hard disk dalam menghabiskan energi baterai.
  • Matikan WebCam jika tidak dibutuhkan.
Kadang setelah chatting menggunakan webcam (Baik itu Yahoo Messenger, Skype, Facebook atau yang lain), kita lupa untuk mematikan wb camera di notebook. Alangkah lebih baik kalau kita bisa mematikan webcam jika tidak digunakan.


Cukup mudah bukan (Namun butuh ketlatenan tentunya). Jika anda telaten untuk melakukanya, bisa dipastikan baterai anda akan lebih awet dan tahan lama

Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar